Minggu, 10 Februari 2013

Wisata Sejarah, benteng Van Der Wijk


Benteng Van Der Wijk adalah salah satu benteng peninggalan Belanda yang terletak di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa tengah. Benteng yang berwarna merah ini sekarang difungsikan sebagai tempat wisata sejarah. Benteng ini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit dari kota Kebumen. Tertulis di benteng itu bahwa Benteng itu didirikan pada tahun 1818 dan tentunya sudah sangat tua. Namun bangunan masih cukup kokoh. Benteng ini terdiri dari dua lantai dan berbentuk melingkar, sehingga ketika kita sudah masuk ke dalam, maka kita akan merasakan bingung arah. Karena memang sisi atau sudut ruangan dibuat miring sehingga mengikuti bentuknya yang melingkar.

Terdapat benyak ruangan dalam benteng yang difungsikan macam-macam pada saat kejayaannya. Namun sekarang hanya ruangan kosong yang tak berpenghuni, hanya sesekali ada pengunjung yang berkeliling benteng untuk melihat-lihat isi dalam benteng ini.

Dalam kompleks benteng juga terdapat taman hiburan, tempat makan, kolam renang yang digunakan untuk umum dan hotel dengan puluhan kamar. Dengan tiket masuk Rp 10000 pengunjung bebas untuk berkeliling kompleks benteng. Di atap benteng juga terdapat kereta yang mengelilingi benteng dari atap, tentunya untuk melihat panorama sekitar benteng, tiket kereta atap benteng ini Rp 5000. Kalau meu berkeliling di sekitarbenteng dengan kereta yang di bawah juga ada. Sedikit foto Benteng di sini dan di sini.
Selamat berwisata.


Artikel menarik lainnya :

3 komentar: