Selasa, 26 Maret 2013

Wisata Tak Sengaja



Sambil menyelam minum air, mungkin itu gambaran yang pas untuk kami pada saat itu. Niat awal adalah untuk survei lokasi baksos di Dusun Wunut, Sriharjo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, namun ternyata ada tempat yang mencuri perhatian dan membuat kami penasaran, yaitu air terjun yang terlihat dari bawah tebing. memang tampak lokasinya lumayan tinggi di antara pegunungan. Akhirnya setelah acara awal selesai, kami putuskan untuk naik juga ke pegunungan untuk melihat air terjun yang kami lihat dari bawah pegunungan tadi.



Tentu saja dengan panduan salah satu penduduk setempat, kami mulai naik menyusuri desa di bawah pegunungan, melewati batuan-batuan terjal pegunungan dan persawahan penduduk yang ditanami padi yang telah menguning, serta sambutan hangat dari para penduduk di sawah yang sedang memanen padi mereka. 

Jalan yang cukup ekstrim cukup membuat beberapa dari kami kerepotan untuk menghindari kejeblos ke sawah atau tergelincir dan menggelinding ke bawah..hehehe. Ternyata prediksi pak RT benar sekitar kurang lebih 20 menit melewati jalan yang aduhai susahnya akhirnya kami sampai di anakan air terjun utama, yang sebenarnya air terjun puncaknya masih di atas.

Perjalanan dilanjutkan, dan akhirnya sampai juga di air terjun utama di atas, kini pandangan kami berbalik, yang tadinya memandangi air terjun dari jalanan di bawah, kini kami melihat jalanan di bawah dari air terjun di atas. Walau pun hari cukup terik dan panas, tapi lumayan juga ini air terjun untuk rekreasi sejenak.


Tentu saja ritual wajib yang tidak boleh dilewatkan adalah foto-foto.hehe. Ukuran besar foto di atas di sini. Setelah beberapa lama menikmati air terjun dan sempat minum mata air juga, akhirnya kami harus turun lagi, melewati jalan yang alahem lagi. Tapi tak apalah toh sudah puas sudah kesampaian melihat air terjun tadi.

Kesimpulannya memang desa ini sebenarnya indah, air terjun ada, sawah-sawah terasering yang indah di lereng pegunungan juga indah, desa ini juga diapit pegunungan dan tebing batu yang menawan. Jadi kalau dijadikan desa wisata, seperti yang direncanakan oleh tokoh desa di sini memang sangat potensial. Masalahnya adalah dana untuk membangun insfrastruktur yang belum teralokasi. Tapi secara keseluruhan desa ini punya modal untuk menjadi tempat wisata alam dan sosial yang bagus... :D


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar