Selasa, 29 Oktober 2013

Ketep Pass : Negeri di Atas Awan

Ketep adalah salah satu tempat wisata alam yang menawarkan panoraman alam yang sungguh indahnya. Tempat ini berada di Kabupaten Magelang, jika dari arah jalan Magelang Jogja, kita lurus saja dan sebelum memasuki kota magelang, kita akan menjumpai plang ke arah Ketep yaitu ke arah kanan. 

foto : flickriver.com

foto : koleksi pribadi

Atau bisa juga dijangkau dari arah muntilan dari jalur satu arah ke arah Jogja, kita ambil kiri. Mudahnya lagi kita pakai saja GPS. Sebenarnya posting ini telat, kerana saya kesana sudah beberapa bulan yang lalu, tapi tak apa. Konon cerita di sana kita bisa melihat gunung merapi dan merbabu dari puncak ketep, sehingga saya dan beberapa teman saya membulatkan tekad untuk kesana. Tapi sepertinya kami pbelum beruntung, sampai di sana ternyata sedang berkabut tebal, bahkan jarak pandang kurang dari 10 meter dan hawa sangat dingin. Tapi sudah terlanjur, akhirnya dengan perjalanan sekitar 45 menitan dari Jogja kami sampai. Ternyata di sana sudah sangat ramai. Kami juga disambut dengan mendung yang cukup tebal, lengkaplah sudah, kami merasa seperti di alam yang berbeda, hawa sangat dingin, gelap karena mendung dan ditambah dengan jarak pandang yang minim karen akabut tebal.

rencana mengambil gambar pemandangan yang bagus pun kami urungkan. Akhirnya kami menikmati panorama seadanya, dari puncak hanya terlihat kabut putih polos seperti kain putih yang bersih, lahh ini apa????



Kami mencoba berkeliling, dan warung-warung yang berjajar rapi di pinggir tebing yang mungkin kalau cerah pemandangan yang sangat indah itu terlihat pun pada hari itu suram, semuanya putih, terasa seperti di negeri awan. lalu kami berputar-putar mengelilingi lokasi itu lagi, dan masuk ke ruangan semacam diorama merapi dan merbabu serta sekitarnya. Ya lumayan lah dari pada tidak melihat apa-apa. Dan sialnya lagi keluar dari ruangan itu hujan mulai turun, payung-payung dan teras-teras lsngsung penuh dengan pengunjung yang berlindung dari hujan.


Ternyata hujan tak berlangsung lama, kami pun kembali ke gardu pandang untuk sekedar istirahat. Terlihat disana wajah-wajah sedikit kecewa karena terasa sangat aneh, dimana kita berada di puncak, tapi seperti terhalang oleh tebalnya kabut, sehingga rumah-rumah dan jalan yang tadi kami lewati di bawah pun tidak terlihat. Tapi tak apa, suatu saat harus kesana lagi dan mendapat kesempatan cuaca tidak berkabut.

Kami akirnya memutuskan untuk pulang, dan ternyata pemandangan yang lumayan bagus justru kami jumpai waktu dalam perjalanan pulang, dimana ada jembatan yang unik yang di bawahnya mengalir sungai kecil.. Tapi ada tragedi lagi dalam perjalanan pulang, yaitu hujan yang suangat deras sampai di perbatasan Magelang Jogja, tapi sensasi hujannya lumayan berasa juga... Perjalanan harus tetap berlanjut, dan jalan-jalan harus tetap jalan untuk mencari tempat2 yang mengademkan otak ke tempat-tempat yang lain. :D


Artikel menarik lainnya :

1 komentar:

  1. Wisata Jawa memang sangat menarik, banyak objek wisata yg dapat kita nikmati karena indonesia adalah negeri diatas awan seperti
    dataran tinggi dieng Wonosobo

    BalasHapus