Selasa, 19 November 2013

Candi Ijo dan Banyunibo



Candi Ijo terletak tidak jauh dari kawasan Candi Ratu Boko, mungkin  hanya sekitar 10 menit dari Candi Ratu Boko. Untuk masuk ke Candi ini sampai saat ini masih gratis, karena memang belum ada pemeliharaan atau pengelolaan yang resmi. Candi ini tergolong kecil, karena hanya satu candi utama yng tidak begitu besar, lalu tiga anak candi yang kecil.

Namun karena gratis dan relatif sepi inilah yang membuat candi ini seakan milik kita sendiri ketika berada di sana, bisa foto sesukanya dengan menikmati pemandangan dari atas pegunungan karena letaknya memang di atas pegunungan. Untuk mencapai candi ini diperlukan sedikit perjuangan dengan melewati tanjakan yang lumayan curam dan terus menanjak, namun ketika kembali kita hanya mengikuti turunan saja.

Secara umum memang tidak ada yang spesial dari candi ini sejauh yang saya amati, namun menjadi keindahan tersendiri karena dari sini nampak pemandangan kota di bawah pegunungan dan bisa melihat bandara Adi Sucipto dari jalan menuju candi ini walau agak jauh dan kurang jelas.


Tak jauh dari Candi ratu Boko dan Candi Ijo ada satu candi lagi yaitu Candi Banyunibo (air jatuh). Terletak di Dusun Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman atau dari ratu boko ke arah timur, mengikuti petunjuk arah. Candi ini hanya satu candi dengan bentuk seperti rumah dengan atap yang runcing. Untuk masuk candi ini hanya dikenakan biaya Rp 2000. Karena memang hanya satu candi dan kecil sehingga candi ni sepi wisatawan, kebanyakan hanya datang dan ingin melihat saja.





Artikel menarik lainnya :

1 komentar: