Senin, 30 Desember 2013

Perjalanan Melihat Kegagahan Merapi


Siapa yang tak kenal dengan Gunung teraktif di dunia ini, yaitu tidak lain adalah Merapi. Gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Jawa Tengah ini memang selalu menyita perhatian publik terutama karena keganasannya ketika pada saatnya meletus. gunung ini terkenal dengan siklus 4 tahunan yang mana setiap 4 tahun sekali diprediksikan gunung ini meletus atau mengalami eknaikan aktivitas vulkanik.

Namun dibalik keganasannya Merapi menyimpan berjuta pesona, mulai dari keindahannya dari kejauhan hingga keindahan ketika dilihat lebih dekat. Karen itulah saya dan teman saya berkunjung ke salah satu tempat terkenal di kawasan lereng Merapi yaitu Kaliurang. Tempat di lereng Merapi ini memiliki beberpa view point Merapi sehingga kita bisa dengan jelas melihat keindahan Merapi ketika hari sedang cerah.

Jarak dari Jogja pada jam atau waktu normal kira-kira 45 menit, namun saat itu saya dengan sengaja berangkat lebih pagi yaitu sekitar jam 6 pagi.



foto dari taman kaliurang

Jalanan masih sangat sepi dan bisa memacu kendaraan dengan lancar tanpa macet dan tanpa polusi, udara masih sangat segar bahkan di kota Jogja sekalipun pagi itu. Dalam perjalanan seolah kami disambut dengan cerahnya hari itu, matahari bersinar keemasan dari timur, dan awan putih sedikit menutupi langit biru pagi itu. Sepanjang perjalanan kami disuguhi dengan pemandangan Merapi dari kejauhan yang sangat cerah tanpa kabut yang menutupi. 

Akhirnya kami semakin dekat dengan lokasi, beruntung saat itu gerbang masuk masih belum dijaga petugas sehingga kami masuk gratis..hehehhe Tak lama melewati gerbang Kaliurang, kami langsung berputar-putar menyusuri kompleks Kaliurang yang terkenal banyak vila dan bangunan tua peninggalan Belanda itu. kami pun mampir ke Taman Kaliurang, yang kebetulan saat itu sedang ada renovasi sedikit dan dari sini kami melihat Merapi dari lebih dekat dan tentunya mengabadikan dengan foto-foto..hehe


foto dari taman kaliurang

Setelah puas menikmati taman kaliurang, kami menuju lokasi berikutnya yaitu Telogo Putri. Dari Telogo Putri kita bisa menikmati pemandangan hijau hutan Taman Nasional Gunung Merapi dan air terjun mini. Tapi ada yang wajib di datangi adalah gardu pandang dari bukit Pronojiwo, dari sini Merapi akan terlihat sangat dekat dan jelas ketika cuaca cerah seperti pada foto paling atas dan bawah.

foto dari tempat parkir telogo putri


foto dari jalan menuju puncak bukit 

Perjalanan menuju bukit cukup menguras tenaga, jadi usahakan membawa bekal minuman atau makanan atau mungkin sarapan dulu di bawah,hehhe Setelah kira kira setengah jam kita naik bukit dengan jalan yang cukup terjal dan diantara rerimbunan hutan, kita akan disuguhi pemandangan Merapi yang sangat indah.


foto dari gardu pandang

Disini terdapat gardu pandang setinggi dua tingkat agar kita melihat Merapi lebih jelas dan kawasan di bawah bukit. Di sini kirta bisa melihat betapa ganasnya letusan Merapi 2010 dengan melihat pohon-pohon sekitar yang sampaio sekarang masih hangus. Serta dari lubang yang menganga di puncak merapi dan desa sekitar yang masih berbekas belum cukup kembali seperti semula. Banyak materal merapi di desa itu yang masih terlihat memenuhi desa. foto lainnya bisa dilihat disini



foto dari gardu pandang




Artikel menarik lainnya :

2 komentar: