Senin, 03 Februari 2014

Jalan-Jalan ke Curug Kaliwaru, Kebumen



Karakteristik Kebumen yang sebagian adalah pegunungan ternyata menyimpan keindahan tersendiri yaitu air terjun, namun sayangnya memang sepertinya tidak ada keseriusan dari pemerintah setempat untuk mengembangkan peluang wisata ala mini. Salah satunya adalah air terjun yang berada di Desa Pandan Sari, Sruweng, Kebumen. Air terjun yang cantik ini hanya dimanfaatkan aliran mata airnya oleh warga. Padahal air terjun ini jika dikelola dengan baik bisa menjadi pendapatan desa atau daerah kebumen khususnya.





Air terjun ini bisa ditempuh hanya mungkin sekitar 45 menit dari pusat kota Kebumen. Dari jalan utama Kebumen-Purwokerto, di daerah Sruweng setelah RSU PKU Muhammadiyah Sruweng terus ke barat, setelah ada jembatan, lalu ada pertigaan kearah utara, dari sana terus masuk melewati rel kereta, ikuti jalan sampai di daerah pegunungan, dan kita akan menjumpai plang ke air terjun ini. Sedikit agak masuk desa dan keluar dari aspal. Setelah keluar aspal, kita masuk ke dusun kecil Pandansari, disini jalanan agak menanjak tajam. Setelah itu kita bisa numpang parkir kendaraan di halaman rumah warga, dan berjalan kaki ke air terjun sekitar 10 menit.




Air terjun ini memang cukup indah untuk dinikmati, baik itu Cuma sekedar foto-foto atau untuk mandi. Tapi karena kurangnya pengelolaan dan penataan, banyak selang-selang air penduduk yang melintang di bawah air terjun ini sehingga terkesan semrawut dan kurang enak dilihat. Padahal dengan sedikit kesadaran dengan menata selang-selang ini maka keindahan air terjun ini akan semakin sempurna.



Air terjun yang berundah undak juga memungkinkan kita untuk nail ke atas sampai ke setengah air terjun, dan di samping air terjun terdapat sebuah lubang yang lumayan besar, yang terkesan seperti lubang tempat berteduh atau kalau bisa dibilang seperti tempat bertapa. Kita bisa masuk ke lubang ini tapi hati-hati karena tangga yhang apa adanya dan licin. Bagian air terjun di bawah juga licin, sehingga harus hati-hati terpeleset ketika kita bermain air di bawah air terjun, karena saat kami berkunjung ke situ terjadi dua kali tragedy terpeleset yang mengundang tawa.hehe
Semoga suatu saat air terjun ini dikelola dan dijaga dengan baik, selain bisa dimanfaatkan airnya sebagai sumber sir bersih untuk warga juga bisa digunakan sebagai tempat wisata yang bisa mendatangkan penghasilan untuk warga setempat.

Salam Wisata


Artikel menarik lainnya :

1 komentar: