Sabtu, 05 Juli 2014

Lebih Dalam Tentang Pendidikan Dalam Kehidupan

Bagi kita mungkin pendidikan adalah salah satu alat untuk meningkatkan strata atau status social. Tapi lebih dari itu, yang mungkin belum kita sadari, ada sisi lain pendidikan yang lebih dari sekedar materi, atau status, tapi bagaimana pendidikan itu mempengaruhi cara hidup seseorang selama masa hidupnya. Inilah mengapa sadar atau tidak yang menjadi isu-isu kenapa pendidikan itu pendting. Mari kita lihat lebih dalam lagi.

Orang dengan sarjana, master atau doctor dan professor itu adalah apa yang benar-benar Nampak padanya, entah dari gelar yang tertulis atau pun pekerjaannya. Namun, kita lihat dibalik semua itu, atau kebalikan dari orang yang kurang beruntung mendapat pendidikan tinggi. Mereka hidup dengan kesusahan, seolah mereka tak berdaya, atau bahkan dianggap sebagai takdir. Menurut saya ini kurang tepat. Pada dasarnya mereka hanya tidak mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Lebih dalam lagi, kehidupannya serba susah, atau bahkan mereka pasrah dengan apa yang ada. Ini lah peran pendidikan, yang seharusnya mengubah apa yang mereka pikirkan. Mereka seolah merasa tak mampu, padahal masalahnya adalah mereka kurang tau, apa yang seharusnya mereka lakukan, bukan berate mereka tidak mampu. Mereka seringkali kesusahan dengan apa yang mereka jalani hanya karena mereka tidak tau apa yang seharusnya mereka lakukan. Mereka kesusahan dengan ketidaktahuannya. Jadi ada dua kata yang berbeda disisni, yaitu ketidakmampuan dan ketidaktahuan. Mereka mampu, hanya saja mereka tidak tau kalau mereka mampu. Oleh karena itu saya menenmpatkan pendidikan, apapun itu, yang jelas itu akan mengubah cara berfikir orang-orang agar tau, tau kalau mereka mampu dan bisa.

Secara nyata lagi, mereka yang notabene kurang berpendidikan, akan mudah terserang penyakit, karena mereka kurang tau bagaimana hidup sehat atau setidaknya bagaimana gaya dan pola hidup yang sehat. Lalu terkait dengan akses pemerintah, mereka ingin berusaha ini, berusaha itu, ingin mendapatkan layanan ini dan layanan itu, mereka berhak dan mereka mampu, hanya saja seringkali mereka tidak tau bagaimana prosedurnya. Terlepas dari pandai atau bodohnya, pendidikan pasti akan mengubah itu. Mereka seolah terjabak dalam lubang hitam. Oleh karena itu lah pendidikan lebih dari apa itu gelar atau pekerjaan, tapi bagaimana mengubah cara hidup orang atau nasib orang seumur hidupnya.

Mencermati apa yang terjadi di sekitar saya, karena memang saya dari lingkungan yang meyoritas pendidikannya dikatakan rendah. Tapi disisi lain dari itu semua, ada hal lain yang saya kagumi dari mereka. Mereka adalah pekerja keras, tulus, sabar dan ikhlas serta bersyukur dengan apa yang mereka dapatkan selama ini. Meskipun seringkali mereka menemui kendala yang saya sebutkan tadi, tentang ketidaktahuan padahal mereka mampu.

Tapi memang hidup ini diciptakan seimbang, mereka yang kita anggap kekurangan, bisa jadi justru mereka lah lebih merasa bahagia dari kita, yang terkadang kita selalu merasa kurang dengan apa yang kita miliki sekarang ini. Memang bukan pendidikan formal yang mereka dapatkan, tetapi mereka belajar dari hukum alam, yang berusaha akan selalu mendapatkan. Yang lalai dan malas akan kehilangan. Mereka belajar dari sebab akibat, meskipun memang akan lebih baik ketika mereka mendapatkan pendidikan formal yang baik, agar mereka lebih mengerti spesifik tentang hukum alam dan bagaimana mengatasi situasi yang membutuhkan analisis logika yang cepat dan tepat, yaitu dengan kecerdasan yang telah diasah dengan pendidikan.



Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar