Senin, 03 November 2014

Umbul Ponggok, Klaten : Menyelam dan Bermain-main dengan Ribuan Ikan

Wisata alam yang satu ini memang sudah pernah saya dengar keindahannya, terutama dengan keindahan di dalam airnya. Karena memang Umbul Ponggok ini adalah wisata alam kolam dengan air dari mata air alamai yang sangat jernih. Bahkan kita bisa melihat ke dalam dasar kolam. Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. tempat ini memang jauh dari kota dan sedikit masuk ke dalam dengan akses jalan yang lumayan sempit. Namun hal itu yang membuat rasa penasaran para pengunjung.  






Harga tiket masuk hanya Rp5.000 saja per orang. Di lokasi banyak tersedia jasa penyewaan alat renang mulai dari kacamata renang, alat menyelam, pelampung, kaki renang dan sebagainya. Dan tentunya juga ada alat penyewaan bungkus kamera untuk yang ingin beroto di dalam air. Ada juga penyewaan kamera underwater Rp100.000 per jam, iya memang lumayan mahal penyewaan kamera ini. Tapi dijamin jika Anda mendapatkan gambar yang bagus, maka tidak akan menyesal membayar sewa semahal itu. Untuk yang tidak punya cukup budget untuk sewa kamera, bisa menggunakan sewa bungkus Smartphone anat Handphone dengan hanya Rp15.000 sepuasnya. 







Untuk sewa peralatan renang, pelampung disewakan dengan Rp5.000 sepuasnya, alat snorkeling Rp10.000, ada juga ban dan semuanya antara Rp5.000 sampai Rp10.000 sepuasnya. Untuk yang belum begitu mahir berenang memang disarankan menggunakan pelampung karena kedalaman air kurang lebih dua meter. Namun bisa juga kita menggunakan pelampung untuk bersantai agar tidak perlu repot-repot berenang, hanya mengapung saja dan menikmati keindahan bawah kolam Ponggok ini. 

Kolam yang tersedia cukup luas, sehingga tidak perlu khawatir untuk berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Sepanjang pinggiran kolam banyak penjual jajanan dan minuman jika setelah berenag kita haus atau lapar. Seperti gorengan, mie instan, minuman dingin atau hangat, softdrink dan sebagainya.Ada juga toilet dan tempat ganti.





Menyelam di sini seperti menyelam di dalam laut. Banyak sekali ikan kecil dan besar yang lalu lalang di dalam kolam. Air yang sangat jernih membuat ikan-ikan nampak sangat jelas bahkan seperti Anda bisa menyentuhnya. Ada banyak jenis ikan yang hidup di kolam Umbul Ponggok ini dari berbagai jenis, dan ukuran, kecil sampai besar. Tapi jangan khawator karena ikan tidak akan menggigit.


Foto underwater by http://tryanhachan.blogspot.com/



Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar