Selasa, 23 Desember 2014

Negeri Kayangan Suroloyo, Kulon Progo, Yogyakarta

Salah satu tempat di Kulon Progo yang wajib dikunjungi adalah puncak Suroloyo, yang terletak di perbukitan Menoreh. Tepatnya yaitu di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia. Saya pertama kali ke sini. Walaupun sebenarnya tujuan awal adalah menuju ke air terjun Sidoharjo, namun karena kebetulan kedua tempat ini berdekatan, maka saya dan teman-teman memutuskan untuk mengunjungi puncak Suroloyo ini.





Menurut berbagai sumber, Suroloyo memiliki kisah sejarah dan mistis yang kuat. Disebutkab juga bahwa puncak ini adalah tempat menetap dewa-dewa, dan juga menjadi tempat pertapaan pada jaman dahulu kala.

Tempat yang memikiki ketinggian 1019 MDPL ini masih bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil, namun dengan syarat harus dalam kondisi prima, karena perjalanan akan terus menanjak tajam. Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan yang hijau dan juga pegunungan yang indah. Sepanjang mata memabdang seakan semuanya hijau. Ketika memasuki wilayah ini udara sudah mulai terasa dingin, dan kadang kala ada kabut tebal.







Tiket masuk hanya Rp 3000 saja, plus uang parkir. Untuk mencapai puncak kita harus menaiki 289 anak tangga yang cukup miring. Jadi harus siapkan tenaga juga. Dari atas puncak Suroloyo ini kalau cuaca sedang cerah, kita bisa melihat candi Borobudur di Magelang meskipun terlihat sangat mungil. Namun saat cuaca tidak sedang cerah, kabut tebal bisa datang sewaktu-waktu dan menutupi semua pemandangan di sekitar kita.










Ada dua gardu pandang puncak Suroloyo, kita bisa mencapai keduanya dengan menapaki anak tangga. Dari kedua puncak ini sama-sama menawarkan pemandangan yang indah. Waktu terbaik untuj berkunjung ke tempat ini tentunya saat pagi hari atau sore hari. Saat pagi hari udara akan sangat sejuk, begitu juga dengan sore hari yang akan menampilkan panorama apam sunset yang indah. Tak jauh dari puncak Suroloyo ini ada air terjun yang bernama Sidoharjo, air terjun setinggi 75 meter yang juga wajib dikunjungi.
Selamat berwisata.


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar