Senin, 05 Januari 2015

Air Terjun Pantai Jogan

Gunung Kidul memang selalu menawarkan keindahan, satu lagi pantai yang unik di Gunung Kidul adalah Pantai Jogan. Pantai ini terdapat air terjun yang langsung terjun ke laut. TIdak terlalu tinggi memang tapi terlihat unik dan menarik. kita pun bisa turun ke air terjun saat ombak sedang bersahabat.



Pantai Jogan memang terbilang jauh dari kota Jogja, sekitar 2 jam perjalanan. Pantai ini dekat dengan pantai Siung, dan Nglambor dan malah sekompleks. Untuk measuk ke pantai ini kita masuk ke arah pantai Siung, nanti terdapat pertigaan kecil setelah pintu masuk retribusi pantai Siung, dan kita ambil kanan. Ada petunjuk ke arah pantai ini.

Kita bisa memarkir kendaraan dekat dengan pantai dan air terjun sehingga tidak perlu repot-repot jauh berjalan kaki. Sesampainya di pantai ini kita langsung disuguhi pemandangan air terjun pantai ini, yang mungkin sekitar 6 meteran. Kita bisa menyebrang air terjun dan bisa juga melewati jembatan kecil. 




Pantai Jogan terletak di antara dua tebing yang mengitarinya, semacam di dalam teluk yang menjorok ke daratan. Jika kita ingin melihat pantai ini dari atas ketinggian, maka kita bisa menaiki tebing di sebelah timur pantai Jogan. Tebing yang cukup tinggi ini bisa memanjakan mata kita untuk melihat hamaparan samudera Indonesia dan juga deretan tebing yang memanjang di sepanjang barat pantai Jogan. 




Sedangkan di sebelah timur, kita disuguhi pemandangan karang yang berada di tengah lautan, yaitu ikon pantai Nglambor, pantai yang terletak persis di sebelah timur pantai Jogan. Kita bisa menuju pantai Nglambor dengan kembali ke arah jalan pantai Siung tadi, karena searah persis sebelum pantai Siung. Akan sangat indah ketika sunset di pantai Jogan dari atas tebing ini. Hamparan pantai di sebelah barat persis saat matahari terbenam akan semakin membuat suasna daramatis dan romantis.


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar