Minggu, 04 Januari 2015

Menengok Air Terjun Tertinggi di Jogja, Air Terjun Sidoharjo

Tadinya memang tidak tau bahwa ternyata di Kulon Progo ada air terjun yang sangat tinggi. Air terjun itu bernama air terjun Sidoharjo, letaknya sesuai dengan namanya yaitu di desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Awal kedatangan saya kesisni dan teman-teman memang karena mendengar bahwa air terjun ini sangat tinggi, yaitu 70-an meter. wow sekali. 


Karena jarang main-main di Kulon Progo, sangat kebetulan sekali ada teman orang Kulon Progo yang bisa menjadi guide kami. Tapi tujuan pertama kami bukan air terjun, melainkan puncak Suroloyo, nah apalagi ini, baru mendengar juga. Tapi kami ngikut saja kepada sang guide kami. Akhirnya kami cus dari Yogyakarta kota, lewat jalan Godean (Tugu ke Barat), dan bablas ring road barat. Melewati daerah Godean terus ke barat, kalau tidak salah setelah sampai di perempatan Samigaluh kita belok kanan. (Kalau kurang jelas bisa track lewat GPS ya..hahahaha).

Pokoknya sepanjang perjalanan kami disuguhi dengan pemandangan yang cantik sekali, sawah-sawah yang hijau, deratan pegunungan dan jalan aspal yang mulus, sungguh kombinasi yang sempurna. Jalan berkelak kelok sebelum akhirnya kami memasuki kawasan jalan yang semakin sempit dan semakin menanjak, dari sinilah kita memasuki pegunungan menoreh yang membawa kita ke arah puncak Suroloyo, yang konon tempat bersemayam para dewa. Tapi tunggu dulu, ternyata dari jalan kami ini kami bisa melihat air terjun Sidoharjo dari kejauhan, oh my God, memang sangat tinggi sekali, dari kejauhan saja kelihatan. Tapi kami terus melanjutkan perjalanan ke tujuan pertama kami. Jalanan sangat menanjak, kalau kendaraan gak fit bisa-bisa nggak kuat nanjak.





Oke setelah kami ke puncak Suroloyo (DISINI), kami kembali turun karena lokai air terjun lebih rendah dari puncak Suroloyo. Kebetulan memang air terjun ini masih sangat alami, belum ada fasilitas apapun. Kami mempir di sebuah masjid dan Sholat terlebih dahulu karena kebetulan akses ke air terjun melewati masjid ini. Kami melewati samping masjid menuju ke belakang masjid kira-kira 200 meter, dan sampai di rumah warga. Kami memang harus memarkirkan kendaraan di rumah warga, karena motor tidak bisa masuk ke kawasan air terjun. Tapi nampaknya kami kurang beruntung, saat sampai di rumah warga terdekat hujan turun cukup lumayan deras dan nampaknya tak ada tanda-tanda untuk reda. Akhirnya kami nekad saja menerjang hujan kepalang tanggung. Dengan meminjam payung dari warga dan payung teman kami, kami menerjang hujan berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter ke air terjun. 

Air terjun terletak di lembah di antara dua tebing tinggi. Benar saja, meskipun hujan, justru menambah sensai sendiri. Tidak ada seorangpun disini, mungkin karena hujan, Terhitung ada tiga air terjun di lokasi ini dengan ketinggian yang hampir sama.Namun perhatian kami tetap tertuju pada air terjun utama, yaitu air terjun Sidoharjo. Wow. memang sangat tinggi sekali air terjun ini, sampai-samapi kami harus menengadah untuk melihat ujung air terjun ini. Karena ketinggiannya, angin hembusan air terjun sangat terasa,, apalagi ditambah dengan hujan, sehingga semburan angin bercampur air langsung membasahi kami. Tentu saja yang disayangkan disini kami tidak bisa mengambil gambar dengan maksimal karena lensa kamera langsung tertutung percikan air yang berhembus dari air terjun. Akhirnya kami hanya bisa mengambil gambar dengan kamera hape. Tapi tidak apa-apa, yang jelas sensasi air terjun ini bisa kami rasakan. Apalagi saat itu seolah air terjun hanya milik kami, tak ada pengunjung lain saat itu.



Karena hujan pula mungkin arus air terjun juga menjadi besar, dan agak keruh. Namun itu tidak mengurangi kepuasan kami, bahkan hujan semakin menambah suasana semakin dramatis. Bayangkan saja air terjun setinggi 75 meter terpapmpang di hadapan kami. Namun kami masih penasaran juga bagaimana kondisi air terjun ini saat suasana cerah, pasti juga sangat cantik Semoga suatu saat bisa kesana lagi dalam cuaca yang lebih cerah. Intinya adalah yang belum tau lokai air terjun ini, bisa berpatokan pada puncak suroloyo, karena dekat sekali dengan puncak Suroloyo.






Selamat berwisata.. follow instagram @heri_sugianto untuk koleksi foto-oto saya.


Artikel menarik lainnya :

3 komentar:

  1. tempatnya bagus gan cuma jarang "dipasarkan" ke orang dari luar daerah...

    BalasHapus
  2. Kunjungi Website Kami, Banyak Hal Menarik Dan Seru. Silahkan Klik http://bavetline88.com/

    BalasHapus