Jumat, 27 Februari 2015

Media Sosial, Traveling, dan Pariwisata



Kehadiran media sosial di tengah masyarakat memang menimbulkan banyak pro dan kontra. Namun terlepas dari itu semua kita harus sadar bahwa media sosial juga memberikan sumbangsih yang bagus untuk pariwisata, dengan perannya sebagai media publikasi. Dengan media sosial (path, instagram, facebook, twitter dan lainnya, ternyata suatu tempat di pelosok negeri atau bahkan di dekat kita sendiri yang belum kita ketahui bisa kita ketahui dengan media sosial.

Tren saat ini adalah dengan berbagi foto-foto liburan atau jalan-jalan atau bahkan tempat-tempat baru yang tadinya belum diketahui banyak orang, padahal menyimpan pesona dan daya tarik wisata yang luar biasa. Sebut saja media berbagi foto terpopuler di dunia Instagram yang pada tahun 2012 tercatat 5 juta foto baru diupload ke media sosial ini per harinya. Banyak akun-akun khusus wisata, traveling dan jalan-jalan bermunculan memperlihatkan berbagai keindahan alam nusantara seperti pantai, gunung, pedesaan dan keindahan alam lainnya. Banyak juga akun-akun global yang memperlihatkan keindahan alam di berbagai penjuru dunia dan semakin banyak orang mengenalnya.

Potensi Pendapatan

Dengans emakin dikenalnya suatu tempat karena keindahanya, maka akan semakin menarik banyak pengunjung untuk mendatanginya. Ini sangat relevan dengan yang terjadi saat ini dimana suatu daerah yang terdeteksi tempat yang indah langsung menjadi populer di dunia maya. Banyaknya pengunjung akan menggairahkan pariwisata yang akan meningkatkan pendapatan penduduk setempat dengan berbagai jasa dan niaga di lokasi tersebut. Dan nampaknya itu benar-benar terjadi di salahs atu pantai di daerah saya yang sangat populer saat ini karena berkat media sosial yang mempopulerkan namanya. Begitu juga dengan daerah yang tadinya belum banyak dikenal orang, lalu menjadi daerah wisata karena menyimpan banyak sekali wisata yang b isa dieksplorasi keindahannya, seperti Gunung Kidul yang tersohor dengan wisata alamnya terutama pantai-pantainya yang eksotis.

Media Promosi Pariwisata

Banyak cara mempromosikan pariwisata ke berbagai dunia. Namun dengan media sosial, cukup dengan hastag # dan menuliskan kata spesiik yang mencerminkan foto kita, maka pemirsa yang melihat hastag kata atau kalimat itu akan bisa mengakses semua foto dengan kata itu. Betapa mudahnya untuk menghubungkan apa yang kita posting dengan postingan sejenis dan akan mudah terakses di seluruh dunia. 

Berbagai usaha promosi pariwisata memang gencar dilakukan pemerintah, dan nampaknya media sosial ini sangat membantu bahkan dengan partisipasi nitizen (pelaku atau pengguna media sosial) dalam mempromosikan pariwisata daerahnya masing-masing. 

Berkat media sosial sendiri saya menjadi semakin tau daerah-daerah yang memiliki pesona wisata di sekeliling saya. Dan saya pun merupakan pengguna aktif media sosial dan sangat terbantu dengan informasi-inforas semacam referensi pariwisata atau sekedar hanya untuk menambah wawasan tentang berbagai tempat indah di sekitar kita dan di Indonesia. Dan yang terpenting adalah hal ini bisa menumbuhkan kecintaan warga negara terhadap Indonesia karena keindahannya di penjuru negeri sana.




Artikel menarik lainnya :

2 komentar:

  1. berpariwisata tidak lengkap kalo tidak di abadikan kaka
    kaos muslim anak - kaos muslim keluarga

    BalasHapus
  2. bang heri ada update untuk data terbaru dari tulisan ini.

    BalasHapus