Jumat, 27 Maret 2015

Hidup yang Kita Keluhkan Bisa Jadi adalah yang Orang Lain Impikan



Beberapa waktu yang lalu, banyak ungkapan yang berbunyi "Hidup yang kita keluhkan bisa jadi adalah yang orang lain impikan", dan sejenak saya meresapi kalimat ini. Ternyata memang mungkin seperti itu. Ditengah berbagai masalah yang kita hadapi, yang membuat kita kadang merasa ada yang salah dengan hidup ini, atau ada yang salah dengan hidup kita, dan seringkali timbul pertanyaan kenapa saya harus mengalami yang begini. Lalu selalu mengeluh, dan merasa kehidupan kita kurang sempurna, atau kurang lengkap.

Kita terlalu sibuk dengan mengoreksi dan menilai apa yang kurang dalam hidup kita, sehingga kadang mungkin saya sendiri merasa selalu ada yang kurang. Tapi itu sisi lain dari sudut pandang kita. Tapi kalau kita pikir-pikir, lihatlah apa yang sudah kita punya, dan mencoba melihat lebih luas dengan kehidupan sekitar, mungkin kita masih termasuk orang yang beruntung.

Sehingga meskipun kita harus tetap maju dan berkembang mencapai tujuan yang setinggi mungkin, tapi mungkin ada baiknya jika kita pun merasakan dan menghayati apa yang sudah kita punya.Tidak lain yaitu dengan bersyukur dengan yang sudha ada. 

Dan saya pun menjadi teringat sebuah ungkapan yang saya lupa dari mana, tapi intinya kurang lebih berbunyi demikian :

Manusia selalu kurang dengan apa yang ia miliki, ia mendapatkan sesuatu sekarang, lalau ingin mendapatkan lebih lagi esok harinya. Ia mendapatkan sesuatu di masa mudanya, lalu ia selalu ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dan lebih hingga masa tuanya. Hingga umurnya akan berakhir, ia baru menyadari, bahwa ia lupa untuk menikmati apa yang sudah ia dapat, karena terlalu sibuk mengejar apa yang ia inginkan di waktu-waktu berikutnya.
Nampaknya miris memang, kita sudah mendapatkan, tapi justru kita tidak menikmati, karena ambisi untuk mendapatkan lebih dan lebih dan lupa dengan apa yang sudah didapatkan.

Mungkin jjudul artikel ini hanya sebuah kalimat, tapi memang saya rasa itu sangat membuat kita untuk mengingat bahwa apa yang kita dapatkan namun kurang kita perhatikan, justru menjadi apa yang di cita-citakan orang lain sekitar kita.

Terima kasih telah membaca :)

Artikel menarik lainnya :

1 komentar: