Senin, 30 Maret 2015

“Siapa yang Menciptakan Tuhan?”

SELASA (24/3/2015) Sekolah Pemikiran Islam (SPI) #IndonesiaTanpaJIL Bandung sudah memasuki pertemuan ketiga.
Pada pertemuan kali ini, Doktor Pendidikan Islam jebolan Univ. Ibn Khaldun Bogor, Dr. Wendi Zarman, kembali menjadi narasumbernya.
Dalam kuliah bertema “Konsep Tuhan dalam Islam”ini, salah satu poin penting yang sempat dibahas adalah sebuah pertanyaan: Siapa yang menciptakan Tuhan?
Pertanyaan yang dinilai konyol ini sering dilontarkan oleh orang-orang Ateis maupun orang-orang yang skeptis terhadap agama.
Dalam diskusi, Wendi menceritakan bagaimana Dr. Zakir Naik menjawab pertanyaan tersebut. Menurutnya, sebetulnya pertanyaan tersebut tidaklah relevan. Dr. Zakir membalas dengan sebuah pertanyaan lain: “Apakah Paman John akan melahirkan seorang anak laki-laki atau anak perempuan?”
“Tentu saja pertanyaan tersebut tidaklah relevan. Paman John tidak mungkin melahirkan. Begitu juga dengan pertanyaan awal, ia tidak relevan. Tuhan tidak mungkin diciptakan,” ujar Wendi.
Di awal kajian, Wendi memperlihatkan bagian awal film Zeitgeist yang memperlihatkan fenomena ‘tuhan-tuhan’ di dunia. Film tersebut membuktikan bahwa terdapat banyak kesamaan di antara tuhan-tuhan tersebut, di antaranya lahir pada tanggal 25 Desember, sempat mati lalu bangkit kembali, dan seterusnya.
“Hal tersebut memang wajar terjadi jika konsep tuhan tidak turun dari wahyu, sehingga yang ada hanyalah tuhan-tuhan palsu buatan manusia,” ungkap Wendi.
Wendi juga menjelaskan berbagai fenomena yang membuktikan bahwa banyak konsep tuhan yang hanya bikinan manusia.
“Kita bisa melihat bagaimana Yesus digambarkan seperti orang Eropa, Shinto digambarkan mirip orang Jepang, Khrisna digambarkan mirip orang India, dan seterusnya. Hal ini semakin membuktikan bahwa jika konsep tuhan tidak turun dari wahyu, maka yang ada hanyalah tuhan-tuhan palsu,” ujarnya lagi.
Dalam diskusinya, Wendi sempat mengutip perkataan seorang filsuf Yunani, Xenophanes,
“Kalau sapi, kuda, dan singa mempunyai tangan dan pandai menggambar, tentu sapi akan menggambarkan tuhannya seperti sapi, kuda akan menggambarkan tuhannya seperti kuda, dan singa pun akan menggambarkan tuhannya seperti singa,” pungkasnya.


sumber : https://www.islampos.com/siapa-yang-menciptakan-tuhan-173340/


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar