Jumat, 24 April 2015

Dermaga Pantai Glagah



Dermaga Glagah terletak di pantai Glagah tepatnya di sebelah timur muara sungai pantai glagah. Aksesnya dari timur jembatan Glagah, lalu kita ambil ke arah selatan saat ada pertigaan dengan jalan yang sudah ber-aspal. Lurus ke selatan, maka kita akan sampai ke dermaga ini. Dermaga ini memang bukan tempat wisata, melainkan tempat pelelangan ikan. Menurut saya bangunan dan fasilitas di sini cukup lengkap dan modern, namun kurang digunakan secara maksimal, sehingga bangunan-bangunan di sini kosong dan kurang terawat.

Tersedia mushola, balai pelatihan, tempat pelelangan ikan (TPI), bahkan rumah layak huni dengan fasilitas lengkap termasuk tendon air di setiap rumah, dengan desain yang modern. Satu-satunya bangunan yang nampak terawatt hanya rumah yang digunakan untuk penjaga dermaga. Saya sendiri kurang tau kapan hari-hari biasanya para nelayan melakukan aktivitasnya itu. Hanya sesekali terdapat orang yang menjala ikan dari pinggir dermaga, dan juga beberpa pemancing di dermaga ini.






Namun suasana sepi menjadikan dermaga ini unik, karena lain dari dermaga yang biasanya ramai oleh aktivitas. Tentunya dengan sepinya dermaga memberikan suasana yang damai dan tenang, meskipun sesekali disertai dengan suara ombak pantai di bagian selatan dermaga. Pantai ini bisa diakses langsung melalui dermaga atau dari jalan di depan dermaga di ujung timur dermaga. Suasananya kurang lebih sama dengan pantai di bagian barat muara yang terpisahkan oleh muara sungai disitu. Yaitu dengan pemecah ombaknya yang besar-besar, dan juga jalanan yang sudah diberi beton. Kita juga bisa langsung turun ke sungai di pinggir jalan menuju pantai, diantara dermaga dan pantai.









Pantai sebelah timur ini lebih sepi dari pantai utama di sebelah barat, tentunya karena wisatawan memang taunya pantai glagah adalah di ujung sebelah barat sungai, yang dilengkapi dengan lagunanya itu. Dan juga wisata air dengan mengendarai perahu sewaan. Pantai sisi timur ini memberikan suasana yang lebih tenang dan sepi, cocok untuk menenangkan pikiran dan perasaan..hehe


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar