Senin, 06 April 2015

Salam pagi dari pesisir Jogja

Cerita tentang Jogja memang tidak ada habisnya. Kali ini cerita saya adalah tentang suasana pagi Jogja di pesisir Bantul, Yogyakarta.

Banyak tempat menarik di Jogja, bahkan ada yang bilang setiap sudut Jogja itu romantis. Mungkin itu untuk orang yang sedang jatuh cinta, tentu saja semua tempat dibilang romantis. Tapi saya tidak sepenuhnya menyalahkan, karena memang ada kesan tersendiri di setiap sudut Yogayakarta, bahkan di pedalaman Jogja yang dibilang jauh dari pusat kota. Salah satunya yaitu di pesisir Bantul.



Kalaupun dibilang pedalaman, namun nampaknya kurang tepat. Karena akses jalan ke sini cukup bagus, dan saya bisa katakan Jogja memang memiliki infrastruktur jalan yang terbilang oke. Kemanapun akan disuguhi dengan pemandangan jalan yang mulus, apalagi dipadu dengan pemandangan alam yang indah nan hijau.

Seperti itulah yang saya jumpai di pagi hari di Bantul. Tepatnya di jalan penghubung Pantai Samas sampai ke Pantai Baru, Bantul. Tentu saja pertama kita adalah mengambil akses jalan ke pantai Samas Bantul. Nah dari sinilah kita akan disuguhi pemandangan yang unik tentang sebuah perjalanan.






Pagi hari, itulah saat yang tepat untuk menikmati sejuknya udara pagi, sepinya jalan yang lurus nan mulus, dan juga pemandangan hijau di sekitarnya. Kalau kita start dari Samas, ke arah barat kita akan menjumpai deretan pantai yang hijau karena hutan cemara, ialah salah satunya pantai Goa Cemara. Dan di antara samas dan goa cemara, ada mercusuar di pantai kecil yang saya lupa namanya, dan disitu juga terdapat hutan cemara yang subur di pinggir pantai. Dengan jalan di tengahnya, jalan aspal tentunya, yang di atasnya terdapat rerimbunan cemara. Mungkin juga ada beberapa orang yang naik mercusuar, tapi saya tidak tau seperti apa ijinnya atau memang dibuka untuk umum.

Lanjut lagi di jalan yang tadi, kebarat lagi ada pantai Goa cemara, lalu pantai Kuwaru, dan Pantai Baru. Tentunya akan lebih afdol jika mampir di pantai Goa cemara, lalu ke barat lagi, kita akan disuguhi pemandangan hijau pinggir jalan. Dan di pagi hari, akan banyak para pesepeda di sini, jalanan yang sepi sungguh sangat asik untuk bersepeda disini. Begitu juga untuk yang suka lari, makan track ini sangat recomended.





Sebelum sampai ke pantai Kuwaru, kita akan disuguhi pemandangan hijau sekitar, dan juga ada rawa-rawa kecil di kanan jalan, lalu ada tikungan cantik yang kiri kanannya adalah tambak undang warga. Dan dilengkapi dengan gubuk-gubuk penjaga tambak. Yang kemudiab kita akan sampai di gerbang pantai Kuwaru, untuk yang mau mampir pun dipersilahkan. Lalu ke barat lagi, sampailah kita di pantai Baru, dan jalan yang tadi pun mentok, di pertigaan kecil ke kanan dan ke kiri. Ke kiri masih kawasan pantai Baru, dan ke kanan adalah arah ke jembatan Srandakan, jika ke barat memasuki Kulonprogo, dan jikake Timur kita ke arah Bantul Kota dan Yogyakarta..



Sekali lagi, pemandangan sempurna tempat ini adalah pagi hari. Kita seperti menikmati car free day setiap hari dan bukan di kota, melainkan seperti di landasan pesawat mungkin lebih tepatnya. Dan tempat ini surga untuk pesepeda dan pelari. Dan tentunya bisa sekaligus olah raga sekalian jalan-jalan.


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar