Senin, 11 Mei 2015

Mercusuar Pantai Pandansari, Bantul, Yogyakarta

Pantai Pandansari merupakan salah satu pantai di antara jajaran pantai di bantul. Yaitu di antara pantai Samas dan Goa Cemara. Ciri khas pantai ini adalah terdapat mercusuar yang menjulang tinggi. Seperti pantai sekitarnya, pantai ini juga terdapat ohon-pohon cemara yang cukup rindang.

mercusuar dilihat dari bawah

Dulu pantai ini masih alami, tapi sekarang sudah banyak bermunculan tambak udang di pantai ini.


Untuk aksesnya, sama dengan pantai samas, karena memang berdekatan. Kita bisa masuk dari akses jalan bantul ke selatan hingga mentok di kawasan Samas. Lalu kita mengambil arah barat, melalui jalan yang bagus seperti review saya sebelumnya DISINI. Pantai Pandansari sudah terlihat dengan tanda mercusuarnya.

Wisatawan yang sedang di puncak mercusuar


Gerbang masuk mecusuar
Untuk naik ke mercusuar, kita tidak boleh parkir di kawsan mercusuar. Disana tersedia tempat parker tersendiri. Memang awalnya tidk ada orang luar yang boleh masuk kawasan mercusuar, apalagi menaikinya. Tapi sekarang sudah dibuka untuk umum, dengan catatan tentunya jangan merusak apapun yang ada di mercusuar dan tetap menjaga kebersihan.


Kita cukup membayar iuran kebersihan Rp 2500 per orang untuk naik ke mercusuar dan menikmati pemandangan pantai dari atas ketinggian. Dan saran saya, waktu terbaik untuk naik adalah saat sore hari atau saat sunset, namun mungkin resikonya adalah akan ramai yang naik sehingga mungkin akan sesak.


Pemandangan dari atas mercusuar 


Tampak bawah dilihat dari atas mercusuar


Pemandangan dari atas mercusuar



Mercusuar yang dibangun tahun 1997 ini memang sudah cukup tua, sehingga harus berhati-hati kalau di atas, terutama dengan sandaran di puncak, karena pagar yang sudah usang. 


Artikel menarik lainnya :

2 komentar: