Senin, 15 Juni 2015

Jelajah Jeram Sungai Elo, Magelang



 Liburan dalam rangka minggu tenang ini saya dan beberapa teman menjajal untuk mengisi main-main kami dengan mengarungi sungai Elo di Magelang, Jawa Tengah. Kagiatan ini juga meruapakan langkah nyata dari wacana-wacana sebelumnya yang tidak kunjung terealisasi. Dan akhirnya dengan tekad bulat kami putuskan untuk eksekusi Rafting di Sungai ELo ini…hehehe

Awal keputusan kami adalah dengan mencari informasi harga, dan akhirnya beruntung teman kami memiliki teman masa KKN dulu yang juga menjadi penyedia jasa rafting ini. Sehingga lumayan lah dapat sedikit potongan harga.





Harga normal biasanya pada kisaran Rp 150.000 sampai Rp 180.000-an. Tapi kali ini kami mendapat harga dibawah itu. Walupun sebenarnya jika ada tambahan teman kami yang lain, akan lebih murah. Tapi tidak apa, yang penting terbayar sudah rasa penasaran kami untuk menjajal rafting sungai Elo yang cukup nge-hits untuk rafting para mahasiswa.

Kami mulai start dari Base-camp di kawasan Candi Mendhut, Magelang. Dari Base-camp kami menuju titik start dengan mobil penyedia jasa rafting. Lengkap dengan membawa pelampung, perahu, dayung dan helm. Perjalanan kurang lebih 20-an menit.

Ada pertanyaan misterius dalam perjalanan kami, yaitu “katanya titik start sama finish itu sama. Lhah bagaimana bias? Apakah sungainya memutar?”

Teryata tidak, jawaban itu kami dapat setelah finish,d an ternyata memang benar, base-camp kami ternyata dekat dengan titik inish yang berada di pinggir sungai. Hanya saja sungai tidak terlihat dari base-camp kami.

Kambali ke titik start. Sesampainya titik start kami di beri briefing oleh pemandu. Nampaknya pemandu kami sudah cukup berpengalaman. Bisa membawa suasana yang asik sepanjang perjalanan dan juga dari awal sampai akhir. Kami pun segera meluncur ke sungai dengan perahu dan lengkap dengan pelampung, helm, dan dayung.

Sepanjang Perjalanan


Perjalanan kami sekitar 12 km menyususri sungai Elo dengan waktu tempuh kurang lebih 2-3 jam dan satu kali istirahat di rest area. Sepanjang perjalanan kami disuguhi dengan berbagai pemandangan alam dan kegiatan penduduk local di sungai, termasuk para pemancing. Kalau lagi ramai, atau rombongan kita banyak, kita bias melihat perahu-perahu lain yang juga melakukan kegiatan rafting.

Dalam perjalanan seolah kita berada di pedalaman hutan. Sepanjang pinggir sungai hanya terdapat pohon dan tebing. Sesekali terlihat kegiatan penduduk local yang sedang mencuci, mandi dan sebagainya. Tapi jangan kawatir, air sungai Elo masih sangat alami dan belum banyak tercemar. Terbukti dengan masih banyaknya makhluk hidup di permukaan air sungai ini.

Pemancing juga akan banyak kita jumpai di sungai ini. Jembatan-jembatan kecil, jembatan besar bahkan jembatan yang sudah tak terpakai dan terkesan seram.

Mata air pun banyak di jumapi di pinggir sungai. Dari yang dalam bentuk air terjun sampai yang sudah di buat pancuran dengan pipa untuk kegiatan penduduk.


Pohon-pohon dan tebing sungai membuat suasana sungai sejuk dan damai. Bentuknya yang unik membuat mata tidak bosan-bosan untuk memandangai pemandangan sekitar. Yang paling asik adalah saat kita bisa berenang mengambang saat berada di arus yang tenang. Bahkan terdapat semacam Canyon (penduduk menyebutnya Green Canyonnya Magelang). Yaitu aliran sungai Elo yang menyempit dan mengalir lumayan deras.

Di Green Canyon ini kita bisa nyemplung dan mengikuti arus sungai yang lumayan panjang. Di sisi kanan dan kiri kadang terdapat penduduk yang sedang melakukan kegiatan mandi, mencuci atau sekedar mincing. Termasuk anak-anak yang sedang bermain dan berenang.

Hal unik lainnya adalah adanya home-stay. Padahal home-stay ini adalah gubuk kecil yan diberi alas dan atap sederhana. Ya mungkin biar keren jadi dinamakan home-stay. Home-stay ini kemungkinan digunakan oleh pemancing untuk berteduh dan bersantai saat cuaca terik. Ada yang berada di tengah (yang terdapat pulau kecil) ada juga yang berada di pinggi kali.

Jeram Sungai Elo

Sungai Elo termasuk kategori sungai dengan tingkat kesulitan II-III sehingga cocok untuk para pemula bahkan untuk satu keuarga sekalipun. Jeram-nya pun cenderung tidak begitu berbahaya. Yang terpenting ada pemandu yang akan mengarahkan perahu menyusuri batu-batu dan jeram-jeram sungai Elo. Meskipun kada disengaja dibuat menabrak, masuk jeram yang besar atau perahu diposisikan miring agar saat melewati jeram lebih terasa goncangannya.
Jarak jeram yang satu dengan jeram yang lain bervariasi. Satu jam pertama biasanya jarak antar jeram masih panjang. Sehingga bisa main-main nyebur ke sungai dan naik lagi saat menjelang jeram berikutnya. Tapi setelah satu jam pertama atau setelah rest area. Jeram semakin banyak dan jaraknya tidak begitu jauh.

Finish






Seperti yang di bahas sebelumnya. Ternyata kami finish dekat sekali dengan base-camp. Hanya sekiar 3 menit perjalan dari titik finish ke base-camp. Dan jangan lupa untuk membawa baju ganti dan peralatan mandi karena di base-camp kita akan bilas-bilas dan berganti pakaian. Setelah itu biasanya operator akan menyediakan makan.

Biasanya operator sudah menyediakan dokumentasi. Hanya jika ingin membawa kamera sendiri di perahu, usahakan yang tahan air atau kamera under-water atau water-resist.

INFORMASI

Sungai Elo merupakan sub DAS Sungai Progo, Air sungai Elo berasal dari Gunung Merbabu dan sungai Progo berasal dari lereng utara Gunung Sumbing, dan mengalir kearah selatan Borobudur. Kedua sungai ini tidak memperlihatkan adanya perubahan aliran, akan tetapi proses geomorfik menunjukan adanya pembentukan undak – undak sungai (river Teraces). Data teras sungai yang ada di sungai Progo dan Sungai Elo, sangat baik ditemukan disepanjang aliran kedua sungai tersebut, sebelum mencapai dataran rendah Borobudur.

Nama : Kali Progo
Luas Daerah Aliran : 2380 km2
Hulu : Gunung Sindoro
Hilir : Samudera Hindia
Panjang : 140 km
SubDAS : Kali Krasak (35 km2)
Kali Tangsi (164 km2)
Kali Tingal (47 km2)
Kali Elo (383 km2)
Kali Bedog (120 km2)

CH Rata-rata : 2300 mm/tahun


Artikel menarik lainnya :

2 komentar:

  1. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus
  2. bagus nih kulon progo jadi good option selain wisata alam bandung

    BalasHapus