Jumat, 05 Juni 2015

Wisata Candi di Atas Bukit, Candi Ijo




Candi Ijo terletak 4 km tenggara Candi Ratu Boko. Candi ini bisa di akses searah dengan jalan utama menuju Candi Ratu Boko. Setelah melewati plang petunjuk ke arah Ratu Boko, ambil jalan lurus, kurang lebih satu km akan ada petunjuk arah ke Candi Ijo, belok ke arah kiri. Ikuti jalan dan petunjuk maka kita akan sampai di Candi Ijo.

Candi Ijo terletak di Desa Sambirejo, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Konon candi ini adalah candi dengan letak tertinggi di Jogja karena berada di tepian bukit. Oleh karena itu  akses menuju candi ini menanjak cukup tajam dan curam.



Selain itu kondisi jalan menuju candi ini masih rusak cukup parah. Tapi sesampainya di candi ini semua kelelahan di jalan akan terbayar dengan panorama yang menawan.

Panorama

Candi Ijo terletak di tepi buit ijo, sehingga dari sini bisa terlihat hamparan perumahan dan pedesaan di bawah bukit. Lalu di sisi barat, bisa terlihat Bandara Adisucipto dari kejauhan lurus dengan candi. Sehingga saat ada pesawat landing dari timur, pesawat akan terlihat dekat dengan candi. Konon bukit ijo ini juga yang membuat bandara tidak bisa lagi diperpanjang atau bergeser ke timur.



Sisi selatan candi terdapa tebing dan bukit karst atau kapur. Menjorok ke arah barat dengan ketinggian hampir sejajar engan tinggi bukit ini. Panorama ini menambah eksotis sekitaran candi ijo ini.




Kompleks Candi

Untuk masuk ke kompleks candi ini masih gratis. Pengunjung hanya perlu mengisi buku tamu. Jika bersama rombongan, cukup tulis perwakilan rombongan dan jumlah rombongan saja.

Kompleks candi ini mempunyai satu candi utama yang lumayan besar, dengan tiga candi kecil di depannya yang berjajar rapi. Sementara itu di bawah kompleks utama, terdapat candi kecil yang sudah runtuh dan berserakan bebatuannya.



Secara umum candi ini terkelola dengan baik. Rumput-rumput terawat dengan baik. Hanya saja, bangunan lama yang terbuat dari seng di bawah candi sedikit mengganggu pemandangan alam jika dilihat dari atas candi.

Pengunjung

Seiring mulai nge-hits nya candi Ijo ini, pengunjung mulai ramai berdatangan, terutamaa saat sore hari dan musim liburan. Bisa dipastikan saat musim liburan dan di sore hari, banyak sekali rombongan berbondong-bondong mengunjungi candi ini. Ini karena waktu paling sempurna menikmati candi ini adalah saat sore hari, saat matahari terbenam.


Letaknya yang menghadap ke barat sangat pas untuk melihat indahnya sunset. Dengan latar belakang tebing di sisi kiri candi, dan panorama perkotaan dan pedesaan di sisi barat bersamaan dengan tenggelamnya matahari.


Sehingga disarankan untuk mengunjungi candi ini sat bukan hari libur, aksesnya cukup mudah hanya sekitar 30 menit saja dari Kota Yogyakarta dan 15 menit dari Candi Prambanan.





Artikel menarik lainnya :

2 komentar:

  1. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus
  2. Coba ke sini pas sore.. Sunsetnya keren hlo..

    BalasHapus