Rabu, 11 November 2015

Cara Mengganti Langit pada Foto dengan Photoshop



Seringkali kita mendapatkan foto yang bagus, tapi saat langit sedang kurang bagus. Sehingga hasilnya kurang yahut. Masalah ini bisa kita selesaikan dengan mengganti langit sesuai dengan langit yang kita inginkan. Berikut cara mengganti langit foto dengan Photoshop :

1. Buka foto yang akan diganti langitnya. Saya menggunakan foto jembatan ini pada sore hari.



2. Seleksi langit yang akan diganti dengan menggunakan "Magic Wand Tool" pada menu sisi kiri. Gunakan Shift+Klik area yang akan diseleksi.
3. Selanjutnya, tekan SHIFT+F6 untuk mengatur feather. Feather adalah pengaturan ketajaman batas yang di seleksi. Semakin besar angka, semakin lembut batasnya. Silahkan coba angka yang sesuai dengan kondisi batas langit yang akan diganti. Dalam foto ini saya menggunakan feather 5 agar tidak terlalu membuat blur batas langit dengan pohon-pohon. Lalu tekan oke.



4. Buka foto langit yang akan menjadi gantinya pada sebelah foto yang pertama. Saya menggunakan foto langit yang saya download dari google image.
5. Seleksi langit yang akan menjadi gantinya, bisa dengan magic wand tool, atau magnetic lasso. Tergantung kebutuhan kalian. Saya menggunakan seleksi rectangular marquee tool untuk seleksi bentuk kotak.
6. Klik Edit>Copy


7. Kembali ke foto yang akan diganti. Klik Edit>Paste special>Paste into
8. Tekan CTRL+T untuk menyesuaikan letak dan ukuran
9. Pada menu layer kanan bawah, kurangi capacity langitnya agar sesuai dengan gambar awal.


10. Klik kanan pada salah satu layer. Pilih Merge Visible atau Flatten Image
11. Sekarang sesuaikan warna dan edit suasana sesuai keinginan kalian. Berikut hasil saya dengan menambahkan efek HDR dan Siturasi.





Selamat mencoba..

Artikel menarik lainnya :

1 komentar: