Kamis, 19 November 2015

Hunting di Jembatan Gantung, Poncowarno, Kebumen



Jembatan gantung memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk difoto. Konstruksinya yang unik membuat kesan tersendiri dalam foto, baik itu sisi perspektif maupun dari sisi kesan jadul (vintage) yang masuk dalam foto. 


Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan main dan foto-foto di jembatan gantung yang terletak di Desa Karang Tengah, Poncowarno, Kebumen, Jawa Tengah. Tepatnya di kawasan wisata Kedungdowo Adventure Park, sebuah tempat wisata baru di Kebumen, meskipun sebenarnya jembatan ini sebenarnya sudah lama dibuat.


Untuk masuk kawasan tempat wisata ini dan jembatan gantung ini, kita cukup membayar Rp 3000 per orang, dan biaya parkir setelah masuk ke dalam kawasan. Namun saat bukan hari libur, biasanya parkir gratis dan bebas. Kebetulan saat itu bukan hari libur, sehingga jembatan gantung cukup sepi untuk foto-foto.










Jembatan ini cukup panjang, sekitar 30 meter dan masih kokoh. Di ujungnya terdapat hutan yang masih asri, namun masih meranggas karena sisa musim kemarau. Di bawahna mengalir sungai yang masih ukup jernih, dan sesekali ada perahu naga yang lewat. Perahu ini adalah wahana wisata Jembangan Wisata alam yang lokasinya sebelum Kedungdowo Adventure Park.

Selain bisa memotret dengan latar belakang jembatan, kita juga bisa memotret di area gazebo pinggir sungai, dan juga memotret dengan latar belakang sungai yang jernih serta rumput-rumput hijau. 

Untuk mencapai lokasi ini, ada dua akses. Akses pertama dari arah pasar Kutowinangun ke utara. Ikuti jalan menuju arah jembangan wisata alam. Banyak petunjuka arah menuju jembangan, tinggal kita ikuti saja. Sebelum pintu masuk jembangan, kita ikuti jalan aspal belok kiri, dan ikuti terus jalan itu sampai masuk jalan semen dan paving di area desa.Nanti kita akan masuk gerbang Kedungdowo Adventure Park, ikuti jalan dan lihat papan petunjuk jembatan gantung belok kanan. Nanti ada pos retribusi, dan sampailah kita. Akses kedua dari arah Alian (pasar Sruni). Ke arah selatan pasar, lalu apa papan petunjuk ke Jembangan, ikuti jalan, dan seperti pada petunjuk pertama. Sebelum pos retribusi Jembangan belok kiri.














Artikel menarik lainnya :

4 komentar: