Kamis, 05 November 2015

Membuat Foto Bokeh Aneka Bentuk

Dunia fotografi memang menarik untuk dieksplorasi. Banyak hal yang bisa membuat kita menghasilkan foto-foto menarik dengan berbagai teknik pengambilan gambar mulai dari pengaturan kamera, jenis lensa, sudut pengambilan gambar, dan waktu pengambilan serta tentu saja daya imajinasi kita.


Salah satunya adalah foto bokeh yang merupakan hasil pengaturan atau setting kamera dengan kombinasi lensa bukaan lebar (angka F yang kecil). Secara sederhana foto bokeh merupakan foto dengan objek utama yang tajam namun memiliki background yang blur.


Backround yang mencolok dan terletak di berbagai titik biasanya akan membentuk bentuk bulat jika menggunakan lensa standar. Dari sini, kita bisa membuat bentuk bokeh menjadi bentuk yang menarik dengan menutup lensa dengan penutup rapat namun bagian depan penutup dilubangi dengan bentuk yang kita inginkan. Misalnya bentuk hati, bintang, bulan sabit, bunga, dan sebagainya. Misalkan di bawah ini penutup lensa dengan bentuk bintang milik saya.








Ilustrasi pembuatan dan pemasangannya sebagai berikut :





  • Gunakan kertas karton yang agak tebal
  • Potong sesuai pola yang akan dibentuk, yaitu persegi panjang untuk membuat tabung lingkaran
  • Buat lingkaran sesuai ukuran lingkar lensa, dan buat lubang sesuai bentuk yang di inginkan di tengahnya
  • Gabungkan lingkaran dan tabung lalu lem, usahakan supaya rapat tidak ada lubang yang bolong-bolong
  • Pasangkan pada lensa seperti contoh foto sebelumnya
Syarat untuk membuat foto bokeh dengan background berbaai bentuk adalah :
  1. Gunakan lensa dengan bukaan lebar (F yang kecil), misalnyalensa fix 50 mm atau 32 mm tidak maslaah. Biasanya lensa fix bukaan maksimalnya dengan F1,8. Atau lensa tele dengan  maksimal F 2. Semakin lebar bukaan background semakin blur.
  2. Setting kamera dengan F yang kecil tadi, ISO bisa menyesuaian, jika malah hari gunakan ISO yang tinggi, misalnya di atas 1000. Tergantung situasi dan kondisi cahaya. Shutter speed bisa rendah, asalkan masih bisa mentoleransi gerakan agar tidak blur pada objek utama.
  3. Cari backround yang warna warni dan terletak terpisah satu dengan yang lain. Misalnya lampu kendaraan, lampu-lampu taman dan sejenisnya. Semakin besar lampu, makan akan semakin bagus hasilnya jika memotret objek utama dari jarak jauh. Karena jika lampu kecil maka akan susah membuat blur saat memotret objek utama dari jarak yang agak jauh.
  4. Usahakan objek utama tetap mendapatkan pencahayaan yang cukup agar tidak gelap. Objek utama bisa apapun, entah itu orang, ataupun benda misalnya boneka, patung dan lain-lain.
  5. Pasang penutup lensa tadi sesuai bentuk yang diinginkan.
  6. Mulailah memotret dan terus mencoba sampai mendapatkan hasil terbaik.
 Berikut adalah contoh hasilnya :

foto pertama adalah foto tanpa penutup lensa.








Foto-foto di atas adalah asli karya saya dan sudah di upload di instagram @heri_sugianto

keyword : foto bokeh, bokeh menarik, bokeh berbagai bentuk, bokeh bintang, bokeh hati, membuat bokeh bintang.


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar