Senin, 09 November 2015

Piknik Murah Meriah ke Candi Plaosan



Candi Plaosan terletak di kawasan perbatasan Kalasan, Sleman, dengan Kabupaten Klaten. Candi ini memiliki dua kompleks utama, yaitu Plaosan Lord an Plaosan Kidul. Namun yang paling besar dan paling terkenal adalah Candi Plaosan Lor, meskipun letaknya tidak berjauhan hanya sekitar 100 meter saja

Untuk menuju Candi ini, kita lurus saja dari perempatan Candi Prambanan (lampu merah), sekitar 200 meter ada belokan ke kiri yang kedua. Nah dari situ kita ambil kiri lurus saja ke arah utara. Nanti akan menjumpai beberapa perempatan, dari perempatan yang lumayan besar nanti akan terlihat candi ini di sisi kanan. Kita tinggal ikuti saja dari perempatan itu belok kanan dan sampailah kita di kawasan candi.

Kita bisa memarkirkan kendaraan di depan kawasan candi, ada parkiran kecil dengan tariff Rp2000 untuk roda dua, dan untuk roda empat saya kurang tau. Untuk masuk kawasan Candi juga sebenarnya saya kurang tau ada retribusi resmi atau tidak, tapi biasanya ada pungutan dari penjaga seitar Rp3000 per orang.


Kawasan Candi Plasosan Lor terdapat beberapa candi utama yang dipisahkan dengan tembok batu, namun kita tetap bisa msuk ke candi-candi itu karena disediakan pintu masuk ke candi di sebelahnya.
Rumput rumput di candi ini cukup terawat dan bersih, sehingga nyaman untuk bersantai-santai di atas rumput, atau sekedar duduk santai di samping candi sambil menikmati angina sepoi-sepoi.

Catatan yang perlu diperhatikan adalah, jika kalian ingin melakukan foto session resmi, kalian harus lapor dan membayar retribusi yang lumayan mahal. Kata satpamnya itu aturan dari pusat. Jadi mungkin untuk lebih aman kita foto-foto biasa saja, daripada foto-foto sok professional malah nanti disuruh bayar mahal..hehehe










Artikel menarik lainnya :

2 komentar: