Rabu, 16 Desember 2015

Kakek Tua di Emperan Toko


Siang itu panas terik seperti biasanya di kawasan Jogja. Memasuki jalanan Malioboro, suasana semakin riuh. Banyak wisatawan hilir mudik di kawasan ini, terutama di area emperan toko yang penuh sesak dengan para penjual aneka aksesoris dan makanan.

Saya dan seorang teman saat itu memang ada keperluan untuk membeli sesuatu di Malioboro, karena ada sebuah tempat belanja yang dikenal cukup murah.

Pada siang itu memang pengujung sudah cukup ramai. Banyak lapak dagangan kaki lima yang berada di emperan toko-toko sudah buka. Para wisaawan pun sudah ramai, seperti biasanya hilir mudik di emperan-emperan toko sambil memasang mata dengan tajam untuk melihat apa yang kiranyamau dibeli. Bahkan saat penuh sesak, akan sulit untuk melewati berjubelnya para pengunjung Malioboro ini.

Saya masuk ke sebuah toko untuk melihat-lihat apa yang saya cari. Namun tidak saya temia di toko itu. Saya beralih ke toko yang lain, belum juga ketemu dengan pas yang saya cari.

Hingga setelah keluar dari suatu toko, saya melihat seorang kakek tua yang sedang duduk sambil menyanyikan lagu-lagu jawa apa adanya, denga suara yang masih ia punya. 

Tangannya memegang sebuah peci bekas berwarna putih. Nampaknya kakek itu juga sudah terganggu penglihatannya. 

Dengan sambil terus bernyanyi dan mengharap uluran tangan dari para pengunjung, saya sekilas memperhatikan. Dan sempat saya potret.

Mungkin kadang hal seperti ini sering terlewatkan dari pandangan kita. Padahal kakek seperti ini sedang berjuang untuk mencari makan. Terlepas dari seperti apa di belakang kakek itu, entah keluarga, anak atau saudara lainnya., mungkin sebaiknya kita membantu. Meskipun memang kita juga kadang harus jeli melihat orang yang "meminta". Tapi untuk seseorang yang fisiknya sudah lemah nampaknya layak kita bantu. Bukan seperti orang yang masih segar bugar, tapi malah "meminta-minta" dan bukan bekerja.

Apalagi duduk seharian di kursi dengan fisik yang sudah seperti itu bukanlah hal yang ringan atau mudah. Semoga kakek selalu diberi kesehatan.



Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar