Minggu, 20 Desember 2015

Mampir di Pantai Congot, Kulonprogo, Yogyakarta

Greenbelt Pantai Congot

Greenbelt ini merupakan proyek baru yang terbentang dari pantai Congot sampai dengan pantai Glagah. Ada dua gazebo utama sebagai batas. Greenbelt merupakan proyek penanaman ribuan pohon cemara sepanjang pantai Congot sampai pantai Glagah disertai dengan pembuatan jalan setapak dengan paving di pinggiran pantai. Tujuannya adalah untuk mitigasi tsunami, agar efek ombak terhalang oleh pohon-pohon cemara. Namun pohon cemara baru saja ditanam, sehingga masih belum nampak rindang.

Pantai Congot bisa dibilang merupakan pantai paling barat dari Kulonprogo. Berada di muara sungai yang merupakan perbatasan dengan Jawa Tengah. 

Akses masuk pantai ini bisa melalui dua arah. Pertama melalui pantai Glagah dengan mengikuti jalan sepanjang tepi pantai. Lihat disini. 

Jika masuk dari pantai Glagah tentunya retribusi kita bayar di pantai Glagah, dan langsung bisa menuju ke pantai ini dengan mengikuti jalan tadi. Sepanjang jalan pun pemandangan tidak kalah menarik. Melewati jalan aspal persis di samping pantai, hanya berjarak sekitar 30 meter.

Akses kedua adalah dari jalur utama selatan, tepatnya di pertigaan sebelum jembatan perbatasan jawa tengah. Di situ akan ada plang menuju pantai Congot, ikuti saja dan nanti kita akan sampai di pos retribusi Congot. Lalu masuk dan kita akan sampai di kawasan panai Congot. Untuk mencapai muara, kita ambil arah kanan.


Tepian muara pantai Congot

Tepi muara pantai congot
 Di pantai ini, kita bisa menikmati ombak besar khas pantai selatan, Karena pantai ini juga merupakan pantai nelayan, kadang hiruk pikuk aktivitas nelayan bisa kita temui di sini.

Jika sedang banyak ikan,bisa juga membeli ikan langsung dari nelayan. Menikmati santapan ikan juga memungkinkan saat warung-warung sedang buka. Sehingga bisa menikmati pantai sambil makan hidangan laut yang masih segar.

Pantai ini, terutama di bagian muara juga merupakan spot mancing. Saat sore hari banyak pemancing yang duduk santai sambil menunggu ikan menyambar umpan mereka.

Semilir angin sore hari pun menambah syahdu suasana pantai ini. Pantai ini masih relatif sepi, karena memang tidak terkenal seperti pantai Glagah, tapi tidak ada salahnya menikmati sepinya pantai ini. Justru kadang malah suasana sepi inilah yang menjadikan kita lebih merasa rileks dan santai.

Jalan ke arah muara


Muara pantai Congot sore hari.
Saat ini telah dibangun sebuah gazebo greenbelt di pantai ini. Semacam gazebo yang terdapat di atas gundukan tanah setinggi lima meter. Sehingga kalau kita naik ke gazebo ini, kita bisa melihat panorama congot dan sekitarnya dengan lebih jelas.

Saat sore hari juga memeungkinkan kita untuk melihat kawanan burung-burung yang beterbangan di sekitaran muara. Biasanya burung ini mencari makan di sungai sebelum bermuara.



Artikel menarik lainnya :

2 komentar: