Rabu, 27 Januari 2016

Mampir di Candi Banyunibo yang Sepi

Candi Banyunibo (Banyu = Air, Nibo : Jatuh) merupakan candi yang terletak di kawasan Dusun  Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kecamaan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Konon candi ini ditemukan dalam kondisi runtuh pada bulan November 1940. Kemudian dilakukan penelitian sampai tahun 1942. Lalu secara bertahap dipugar sampai selesai tahun 1978. 




Candi ini terdiri dari satu buah bangunan induk dan enam buah candi prawara yang terdiri dari tiga buah candi prawara selatan, dan tiga buah prawara timur. Namun candi prawara yang mengelilingi ini kondisinya sudah tidak utuh.

Candi ini berada di kompleks dekat dengan candi Ijo dan kompleks Ratu Boko, sehingga kita bisa mengunjungi candi ini sekaligus jika kita berkunjung ke candi lainnya di sekitar situ.

Biaya kesana masih gratis, meskipun ada tulisan bayar Rp 2000, tapi cukup hanya mengisi daftar tamu saja.








Candi ini menghadap ke arah barat, dan berada di dataran yang lebih rendah dari sekitarnya, dan juga jalanan.

Sekilas hanya terdapat satu candi utama saja yang besar. Dan di sini kita bisa masuk ke dalamnya. Berbeda dengan candi lainnya yang biasanya terdapat patung di dalamnya, candi ini kosong. Bahkan malah dibuat jendela sehinggai di dalam candi terlihat terang.

Suasana di depan candi adalah persawahan, sehingga sekitaran candi masih benar-benar asri. Suasana cenderung sepi, sehingga kita bisa menikmati candi dengan tenang, seakan candi milik pribadi.


Memang tidak ada yang wah di candi ini karena masuk kategori candi kecil. Tapi cocok kalau hanya untuk piknik, atau jalan-jalan santai, sambil menikmati hijaunya alam.


Artikel menarik lainnya :

1 komentar: