Sabtu, 02 Januari 2016

Menengok Kebun Teh Nglinggo, Kulonprogo, Yogyakarta



Kebun the Nglinggo terletak di pedukuhan Nglinggo, kelurahan Pagerharjo, kecamatan Samilgaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Bibit kebun the disini mulai dirintis tahun 1990. Dengan ketinggian 900-1000 mdpl menjadikan daerah ini bisa dikembangkan untuk bibit the dan perkebunan teh.

Akhirnya pada tahun 2004, Dinas Pariwisata DIY dan bupati Kulonprogo meresmikan Desa Wisata Nglinggo ini dengan ikon wisatanya yaitu kebun teh. Karena memang ada beberapa tempat wisata lain di tempat ini, seperti air terjun dan kebun teh yang lain, tapi masih kurang terkenal. Jika kalian kesini mungkin kalian bisa mengunjungi wisata lainnya di desa wisata Nglinggo ini.

Rute ke kebun teh ini bisa ditempuh dari beberapa arah. Misalnya dari arah Suroloyo, kita akan menemui petunjuk arah ke kebuh teh ini, hanya saja memang kurang jelas, sehingga kalau bingung kita Tanya saja sama warga. Karena jarak dari Suroloyo cukup jauh.

Sedangkan rute kedua adalahd ari jalan utama Samigaluh, melewati SMP N Samigaluh, dan SMA N Samigaluh. Setelah sampai di sebuah pertigaan pasar, aka nada petunjuk belok ke kanan untuk masuk ke kawasan kebuh teh ini. (Cara instannya, pakai GPS).hehe

Jalan untuk sampai di kebuh eh cukup ekstrim, menanjak tajam dan menikung. Pastikan kondisi kendaraan kalian bagus dan sip. Kalau tidak, bisa mogok di jalan karena tidak kuat nanjak.

Tiket masuk kawasan ini Rp3000 per orang, + biaya parkir kendaraan. Tiket sudah termasuk kawasan wisata yang lain, seperti air terjun dan wisata lainnya di kawasan Nglinggo.








Memasuki kawasan kebun the, kita disuguhi pemandangan hijau dan sejuk (kalau pagi hari dan sore hari), kalau siang tetap panas, apalagi kalau kita jalan kaki untuk menyusuri jalanan di kebun teh ini. Karena jalanan menanjak dan berada di kawasan lembah diapit pegunungan, sehingga angin semilir sangat jarang ditemui.


Tapi secara keseluruhan cukup lumayan lah untuk sekedar piknik dan rekreasi. Jarang-jarang ada kebun teh di Jogja.







Artikel menarik lainnya :

7 komentar: