Kamis, 11 Februari 2016

Akhir Sebuah Permulaan

Segala hal terjadi karena permulaan, bahkan mungkin bermula saat kita belum menyadarinya. Hingga pada akhirnya kita sadar, sesuatu telah terjadi, dan kita tidak menyadari itu.

Kita sadar bahwa kita berada di antara permulaan, dan suatu akhiran. Bagaimana permulaan itu? sungguh beruntung untuk mereka yang mengetahuinya. Atau bahkan justru mereka yang sengaja menciptakannya, menciptakan permulaan mereka sendiri, dengan target akhir mereka sendiri.

Memang lebih bagus sesuatu yang terjadi di bawah kontrol kita. Memulai dan mengakhiri dengan kehendak kita.

Tapi ada kalanya permulaan itu datang secara tiba-tiba, dan tidak disengaja. Lalu seperti apa akhirnya?? Tentu saja hal yang datang dengan tak sengaja dan tak kita  sadari, kadang pergi dan berakhir dengan tanpa kita sadari juga. Rasanya ada hal yang telah datang, tapi ia tidak ada, karena telah pergi lagi.

Dari situ kadang menimbulkan pemikiran. Apakah sesuatu yang datang adalah selalu sebuah permulaan??

Mungkin iya, mungkin juga sebaliknya. Kedatangan adalah akhir dari sesuatu. Datangnya cahaya adalah akhir dari kegelapan. Datangnya air adalah akhir dari kekeringan.

Apakah kepergian adalah akhir dari sesuatu. Nampaknya juga bukan. Perginya hujan kadang adalah awal dari datangnya pelangi. Perginya penyakit adalah awal dari kesehatan, dan perginya kegelapan adalah awal dari suasana terang.

Lalu yang mana akhir dari permulaan?? Akhirnya saya menemukan bahwa akhir dan awal adalah hal yang relatif dari sisi mana kita melihat. Akhir sebuah hal adalah sekaligus awal untuk hal yang baru.

Entah apapun itu, keadaan apapun itu, akan ada akhirnya. Dan akhir dari suatu hal pada akhirnya akan memberikan sebuah permulaan baru.

Dan aku sedang menunggu hal itu. Untuk kamu yang akan membuat hal-hal baru dalam hidupku.


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar