Senin, 04 April 2016

Tamparan Telak untuk Gerindra

Saat suasana pertarungan menjelang Pilkada DKI sudah mulai panas, kejutan diberikan oleh Partai Gerindra. Sudah sama-sama kita tahu M.Sanusi yang merupakan kader Gerindra sekaligus ketua salah satu komisi di DPRD DKI menjadi tersangka dalam OTT (operasi tangkap tangan) dalam kasus suap bos Agung Podomoro Land (APL) sebesar satu miliar rupiah lebih.

Sontak saja ini merupakan tamparan untuk Gerindra. Apalagi Sanusi merupakan salah seorang yang digadang-gadang merupakan calon gubernur yang akan diusung Gerindra.

Sanusi sering tampil di media dengan pembawaannya yang sopan dan santun. Bahkan ia mengusulkan untuk menerapkan syariat Islam di Jakarta. Sebenarnya sih aneh. Tapi ya suka-suka dia saja. Toh sekarang dia sudah tertangkap basah oleh KPK.

Reaksi Masyarakat

Tertangkapnya Sanusi semakin membuat sinis publik pada partai ini. Bahkan sebelumnya memang banyak kecurigaan masyarakat terhadap oknum DPRD DKI yang sangat kontra dengan Ahok masalah korupsi. Padahal Ahok dengan berani ingin membuka borok korupsi di lingkungan DKI.

Publik juga menduga bukan hanya Sanusi saja yang terlibat (lihat komentar-komentar nitizen di berbagai media). Hal ini terjadi karena banyak tokoh yang kompak satu suara dengan Sanusi saat menyerang Ahok.

Tapi hal itu akhirnya ditepis dengan fakta bahwa ternyata yang selama ini keras menuduh Ahok biang masalah justru malah dirinya yan terbukti korup. Hal ini membuat masyarakat semakin muak.

Kaderisasi Partai

Belakangan muncul fenomena calon kepala daerah yang maju melalui jalur independen. Memang banyak hal yang melatarbelakangi. Tapi tentu saja ini muncul juga karena adanya dukungan masyarakat, karena calon independen disyaratkan untuk didukung dengan KTP warganya.

Alih-alih semakin tumbangnya kepercayaan masyarakat kepada parpol dan DPR/DPRD, kasus Sanusi tentu saja membuat hal ini semakin buruk.

Kaderisasi partai dinilai memang bobrok. Terbukti dengan calon yang digadang-gadang akan diusung partai justru terlibat kasus suap. Alhasil calon independen semakin mempunyai perhatian di masyarakat. Apalagi kalau tidak ada parpol yang serius menjaring kader-kader yang berkualitas.
Parpol kini mendapat satu pelajaran lagi. Bahwa satu saja kader yang korup apalagi ia mempunyai jabatan strategis di partai dan pemerintahan serta legislatif, maka stigma masyarakat akan jatuh pada parpol itu, bahkan pada mayoritas parpol.

Isu deparpolisasi yang selama ini mulai santer terdengar nampaknya tidak menjadi pelajaran untuk parpol memperbaiki organisasinya. Tapi ya biarlah, rakyat sudah bisa memilih dan memilah. Yan jelas rakyat sudah muak dan tidak akan menutup mata untuk segala macam hal yang berbau omong kosong, janji manis, dan segala macam rayuan politik.

Akan lebih ramai lagi jika penyelidikan lanjutan KPK akan menjerat oknum DPRD dan kader partai yang lain. Hancur sudah kepercayaan masyarakat pada dua institusi itu. Tapi tentu saja kita berharap tidak akan terjadi lagi kasus-kasus seperti itu. Fenomena perlawanan masyarakat semoga menjadi bahan instropeksi para politikus-politikus kita. Ya semoga saja. Masih tetap ada harapan.


Artikel menarik lainnya :

2 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

      Hapus