Kamis, 11 Agustus 2016

Kenapa Terlalu Idealis? Dunia Itu Dinamis.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak hal yang saya amati di lingkungan  sekitar. Seiring dengan itu juga, mulai terlihat perubahan dan juga semakin nampak prinsip serta ideologi masing -masing orang.

Ada di antara mereka yang fleksibel dan mudah dengan penerimaan tentang pemahaman baru. Ada juga di antara mereka yang kuat memegang ideologi dan prinsip-nya. Tidak mudah menerima dengan fenomena-fenomena baru yang muncul, maupun yang diajarkan pada mereka. Ada prinsip dan dasar yang mereka punya yang tidak bisa diganggu gugat.
Tapi selagi itu bagus sih memang tidak ada masalah. Mereka mempunyai standar kebenaran mereka sendiri dalam melihat dan melakukan suatu hal. Asalkan mereka tidak ekstrim, oke sekali lagi itu masih tidak masalah.

Sedangkan jika kita melihat ke dunia luar saat ini. Banyak hal yang sudah berubah. Semua serba dinamis. Bahkan mungkin lebih dari apa yang kita bayangkan.

Oleh karena itu banyak juga di antara mereka yang memilih untuk mengikuti arus. Berubah dengan perubahan, berdamai dengan perubahan, bahkan mereka sendiri yang ikut serta dalam menciptakan perubahan.

Semua itu kembali lagi pada masing-masing orang. Hanya saja terkadang terdapat etnosentrisme ideologi dan prinsip yang membuat mereka merasa prinsipnya paling benar, ideologinya paling benar. Tapi mereka tidak melihat dari sisi yang lebih luas. Bahwasanya banyak perubahan dan kemajuan yang mereka rasakan di sekitarnya bukan berasal dari orang-orang yang memegang prinsip semacam itu.

Perubahan terjadi dari orang-orang yang berdamai dengan perubahan itu dalam berbagai hal. Mereka bahkan menciptakan perubahan-perubahan sehingga terciptalah dunia semacam ini.

Memang semua ada baik dan buruknya. Itu adalah resiko dari perubahan. Resiko tidak bisa dihilangkan dalam situasi apapun. Hanya bisa diminimalisir. Bahkan saat mereka memegang prinsip dan ideologi mereka, mereka juga menghadapi resiko.

Intinya, untuk memilih suatu prinsip dan ideologi, seyogyanya harus melihat kehidupan dan dunia ini dari sisi dan sudut pandang yan lebih luas. Sehingga kita tidak terpatri pada prinsip yang justru membatasi perkembangan kita. Waktu terus berjalan dan banyak hal harus di sesuaikan.


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar