Senin, 01 Agustus 2016

Ketika Generasi Y Mulai Beraksi

Jaman telah berubah, yang menjadi pertanyaan adalah, "Apakah jaman berubah dengan sendirinya, atau kah jaman berubah karena perubahan manusianya, atau justru manusia berubah karena jaman yang berubah?" Coba pikirkan sebentar pertanyaan tadi!!

Kalau kalian masih bingung, berarti kita sama..hehehe

sumber ilustrasi : rona.metrotvnews.com

Jadi sebenarnya duluan mana antara perubahan jaman dengan perubahan manusia?? Bagaimana sebab akiba di antara itu? entah lah. Tapi yang jelas sekarang jaman sudah berubah dan kita sebagai manusia yang masih hidup di jaman ini harus merespon perubahan itu, atau mungkin kalau bisa menciptakan perubahan yang lain.

Mungkin di antara kalian sudah banyak yang sering mendengar tentang generasi X, Y, atau Z. Seiring dengan perubahan jaman ternyata berubah pula karekateristik dari generasi-generasi manusia yang hidup di bumi ini.

Dikutip dari 4muda.com, ada lima generasi yang ada dalam kehidupan kita. Sebutan generasi-generasi ini dikenal atau muncul berdasarkan sebuah teori yang diberi nama teori generasi, yaitu : 
  1. Baby Boomer (lahir tahun 1946 – 1964). Generasi yang lahir setelah Perang Dunia II ini memiliki banyak saudara, akibat dari banyaknya pasangan yang berani untuk mempunyai banyak keturunan. Generasi yang adaptif, mudah menerima dan menyesuaikan diri. Dianggap sebagai orang lama yang mempunyai pengalaman hidup.
  2. Generasi X (lahir tahun 1965-1980). Tahun-tahun ketika generasi ini lahir merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer), video games, tv kabel, dan internet. Penyimpanan data nya pun menggunakan floopy disk atau disket. MTV dan video games sangat digemari masa ini. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson, sebagian dari generasi ini memiliki tingkah laku negatif seperti tidak hormat pada orang tua, mulai mengenal musik punk, dan mencoba menggunakan ganja.
  3. Generasi Y (lahir tahun 1981-1994). Dikenal dengan sebutan generasi millenial atau milenium. Ungkapan generasi Y mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instan messaging dan media sosial seperti facebook dan twitter. Mereka juga suka main game online.
  4. Generasi Z (lahir tahun 1995-2010). Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet. Mereka memiliki kesamaan dengan generasi Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya. Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.
  5. Generasi Alpha (lahir tahun 2011-2025). Generasi yang lahir sesudah generasi Z, lahir dari generasi X akhir dan Y. Generasi yang sangat terdidik karena masuk sekolah lebih awal dan banyak belajar. (4muda.com)
Kamu termasuk generasi apa? Cocok kah kriteria itu dengan kamu sekarang?

Seiring juga dengan perkembangan jaman, generasi-generasi penerus sudah mulai mengambil peran-peran strategis. Menjadi leader, pengusaha, pemimpin, dan peran-peran lain.

Tentu saja gaya mereka bebeda dengan generasi sebelumnya. Jaman telah membuat pola pikir, perilaku, dan juga karakter mereka berbeda. Generasi yang baru cenderung memiliki ide-ide yang baru dan juga gagasan-gagasan yang baru. Pola pikir mereka membuat mereka mempunyai sudut pandang perhitungan yang berbeda dalam berbagai hal.

Tentu saja perubahan harus dihadapi juga dengan perubahan. Entah mana dulu yang mempengaruhi, perubahan itu sendiri, atau orang yang mengubah dulu.

Kalau kata dosen saya, perubahan itu adalah hal yang mutlak. Semua berubah, hanya menunggu soal waktu dan bagaimana perubahan itu.

Tapi yang membuat saya tertarik untuk mengomentari hal ini adalah, semakin banyaknya generasi Y yang sudah mulai menjamah dunia nyata dan mengambil peran-peran yang besar dalam menciptakan atau berpartisipasi dalam perubahan itu.

Lihat saja pengusaha-pengusaha muda generasi Y yang sudah mulai sukses dengan berbagai ketrampilan mereka, terutama dalam bidang penguasaan teknologi. Bisnis online, baik pelaku, developer bisnis online, dan pendiri situs-situs bisnis online. Tidak hanya pada pendiri saja, suatu bisnis atau organisasi bisnis tentunya mempunyai pengurus dan tim yang pastinya juga kebanyakan dari generasi yang sama. Kesamaan ini akhirnya menciptakan suatu ide dan gagasan yang diwujudkan dengan tindakan nyata mereka.

Contoh lain adalah generasi Y yang masuk ke dalam dunia pendidikan. Generasi Y dengan bebagai ide dan terobosan serta penguasaan teknologi akhirnya menciptakan sebuah atmosfir dan metode pengajaran yang lebih efektif. lebih fleksibel dan mudah diterima, serta yang paling penting, Generasi Y ini dengan strategi pengajaran mereka yang semakin baik, adalah sebuah modal untuk menciptakan generasi yang lebih baik yaitu generasi Z dan generasi Alpha.

Peranan generasi Y yang semakin banyak menjadi harapan baru. Dengan ide-ide dan gagasan mereka yang agresif, diharapkan menjadi tombak perubahan berbagai permasalahan dan berbagai hambatan dalam mencapai tujuan saat ini.

Namun di sisi lain, selain banyaknya modal dan kesempatan generasi Y pada saat ini, generasi Y juga menghadapi tantangan yang besar. Persaingan semakin ketat bahkan di era global dengan semakin derasnya arus globalisasi. Di tambah lagi dengan risiko-risiko lain yang bisa muncul dengan berbagai perubahan yang cepat namun kurang dapat diantisipasi dampak negatifnya.

Sehingga perlu dilihat baik dan buruknya. Karena pada hakikatnya semua hal berubah, sehingga cara pandang kita pun harus diubah. Tapi optimisme tetap harus nomer satu menghadapi perubahan dan mengarahkannya ke arah yang baik, bukan sebaliknya.


Artikel menarik lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar